Cari Blog Ini

Rabu, 07 September 2011

Kota Wisata Islami Banda Aceh

Dalam blog ini saya ingin memperkenalkan sebuah kota domisili saya yaitu, Kota Banda Aceh.
Disini ada beberapa tempat yang menarik untuk dikunjungi, apalagi disaat kepala kita "mumet", "puyeng", ataupun hanya sekedar menghilangkan penat....
Pertama, kita mulai dari Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.
Masjid ini terletak tepat di tengah kota Banda Aceh, dan mesjid ini sering dijadikan tempat pertemuan para pendatang atau pelancong yang datang dari daerah untuk berwisata di kota ini.
Ke dua, Lapangan Blang Padang atau sekarang di sebut "Thanks The World Park" .
Tugu "Thanks The World"

Tugu ini didirikan sebagai tanda terima kasih kepada semua negara-negara sahabat yang telah membantu Aceh pasca Tsunami melanda bumi Serambi Mekkah ini.
Pesawat RI-001 adalah pesawat pertama yang dimiliki oleh Negara Republik Indonesia, dan menjadi cikal-bakal terbentuknya Garuda Indonesia Airways (GIA) yang sampai sekarang ini masih mengudara di angkasa Indonesia tercinta ini.
Dengan pesawat inilah Presiden pertama Indonesia Bapak Ir. Soekarno melakukan perjalanan ke seluruh penjuru negara tercinta ini. Pesawat ini juga tekadang digunakan untuk penyerangan udara terhadap para penjajah. Monument ini terletak di Taman Blang Padang ( Thanks The World Park ).

Ke tiga, Taman Putroe Phang.
Gerbang Taman Putroe Phang
Taman Putroe Phang
Taman Putroe Phang
Taman ini terletak disebelah timur dari Lapangan Blang Padang ( Thanks The World Park ). Taman ini dibangun oleh Sultan Iskandar Muda sebagai tanda cintanya kepada Sang istri yaitu Puteri dari negeri Pahang, Malaysia ( Lebih dikenal dengan julukan "Puteri Pahang Atau Putroe Phang" dalam Bahasa Aceh.
Gunongan
Gunongan
Bangunan ini dikenal dengan nama "Gunongan".
Gunongan yang berarti "Pegunungan" dibangun oleh Sultan Iskandar Muda untuk sang istri karena dikala itu Beliau melihat sang istri tampak murung karena kerinduannya kepada negeri asalnya negeri Pahang yang memiliki geografi pegunungan.
Maka dengan itu Sultan Iskandar Muda mendirikan sebuah bangunan yang yang berbentuk menyerupai gunung - gunung.
Gunongan ini terletak disebelah selatan Taman Putroe Phang,tepat didepan Taman Putroe Phang bersebelahan dengan Taman Budaya Kota Banda Aceh.
Berikutnya, PLTD Apung.
Tsunami Education Park
Kapal PLTD Apung
Kapal PLTD Apung awalnya terletak di kawasan Pelabuhan Ulee Lheue. Saat Tsunami melanda Aceh tahun 2004 silam, kapal tersebut diseret beberapa kilo meter oleh gelombang besar dan terdampar di sebuah "Gampong" (arti = Kampung) yaitu Gampong Punge Blang Cut.
Sampai sekarang, kapal tersebut dijadikan monument bersejarah yang merupakan saksi bisu dari peristiwa tragis beberapa tahun silam, dan banyak dikunjungi oleh wisatawan asing maupun lokal.



Museum Tsunami Aceh (Aceh Tsunami Museum)


Sketsa Museum Tsunami Aceh
Museum Tsunami Aceh / Aceh Tsunami Museum, berfungsi sebagai objek wisata sekaligus sebagai sarana edukasi untuk mengenal dan memahami apa itu Tsunami.

Didalam museum tersebut terdapat beberapa benda atau bukti - bukti peninggalan tsunami dalam bentuk foto, video, dan lain-lain.

Didalam museum ini juga terdapat audio visual yang memutar film-film dokumenter tsunami.

Museum ini terletak bersebelahan dengan Lapangan Blang Padang(Thanks The World Park).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar